Pengalaman Mengurus Visa Jepang Lewat Travel Agent

Kata orang, mengurus visa Jepang itu gampang-gampang susah. Well, sebenarnya tidak susah, tapi nyiapin dokumennya ribeeettt, seribet meyakinkan nyokap kamu untuk menerima aku. (cieelaah jadi curcol)

Back to topic!

Jadi, pengajuan visa Jepang itu dibagi berdasarkan wilayah sesuai dengan yang tertera pada Passport & KTP kalian. Saya bekerja dan berdomisili di Jakarta, namun alamat Passport & KTP saya dari Tarakan, Kalimantan Timur (sekarang Kalimantan Utara). Dan setelah saya cek di web kedutaan jepang, jeng jeng ternyata harus lewat konsuler Jepang yang di Surabaya.

Kemudian saya menelepon kantor kedutaan jepang untuk konfirmasi (baca: negosiasi) fakta kampret ini. Dan ternyata memang benar seperti itu adanya.

Setelah googling sana sini, beberapa opsi terlintas di pikiran:

  1. Mengurus surat pindah
  2. Minta tolong saudara
  3. Menggunakan jasa travel agent di Surabaya

Setelah menimbang dari segi waktu, biaya, dan effort yang harus dikeluarkan, saya memutuskan untuk menggunakan opsi nomor 3 karena tidak ribet, tinggal kirim dan bayar saja.

Saya pun menghubungi travel agent yang cukup ternama rekomendasi dari teman saya. Perlu diingat bahwa paspor asli harus dikirimkan bersama dokumen-dokumen yang dibutuhkan, oleh karena itu jangan gunakan travel agent abal-abal, karena kalau sampai hilang…. makin ribet.

Biaya pengurusan visa sebesar Rp 500.000 belum termasuk ongkos kirim dokumen bolak balik dari Jakarta-Surabaya. Setelah menyiapkan segalanya, saya pun kemudian mengirimkan semua dokumen yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa jepang, saya sudah share disini ya.

Selang 4 hari kemudian, mamas travel agent menghubungi bahwa visa jepang saya sudah disetujui dan siap dikirim kembali ke Jakarta. Yatta~~ Arashi, Iā€™m coming!!

Dan ini dia hasilnya:

mengurus visa jepang
Visa Jepang

Sekian pengalaman saya mengurus visa Jepang. Have something to ask? Just leave your comment below šŸ™‚

 

 

18 thoughts on “Pengalaman Mengurus Visa Jepang Lewat Travel Agent”

  1. Numpang tny bro, berarti kl urus visa ke jepang kitanya ga perlu datang untuk foto dll ke kedutaanny yang di surabaya ya? Cukup kirim form yang diperlukan ke travel agent gt y?

    1. halo, mengurus sendiri maupun lewat travel agent tidak ada kepentingan datang untuk foto di kedutaan. kan bikin visa gan, bukan bikin passport. hehe. pas foto, form visa, dan semua dokumen yang dibutuhkan harus sudah disiapkan dulu, baru kemudian di submit ke kedubes. HTH ya

  2. Hi hi,

    Thanks infonya! šŸ™‚ anyway mau tanya jg dong, kan bulan depan rencananya saya mau mengurus visa jepang di Konjen Surabaya nih, kira-kira untuk nilai rekening tabungan jumlahnya harus tersedia brp ya? Saya akan liburan di Jepang selama 6 hari aja.

    Thanks! šŸ˜€

    1. Hi, rencananya mau urus sendiri atau lewat travel agent? Kalau travel agent bisa jadi syaratnya berbeda-beda tergantung kebijakan dari travel agent nya itu sendiri.
      Tapi sebenarnya dari kedutaan Jepang tidak ada syarat nominal tabungan harus tersedia berapa.
      Jadi selama semua dokumen yang dibutuhkan lengkap, dan itinerary tidak aneh-aneh, harusnya gak masalah ya.
      Untuk amannya prepare 15-20 juta aja di tabungan. Tapi banyak juga yang kurang dari segitu tetap di approve oleh kedutaan Jepang kok. Hope this helps šŸ˜‰

        1. Hi Ningsih, tergantung itinerary nya mau kemana saja dan berapa lama di sananya. Coba googling aja, infonya banyak tersebar šŸ™‚

Leave a Reply