Syarat Visa Jepang Dengan Tujuan Wisata

Syarat visa Jepang itu tidak susah kok. Kali ini saya ingin share dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat untuk apply visa ke Jepang dengan tujuan wisata. Karena saya menggunakan jasa travel agent, mungkin ada sedikit perbedaan syarat yang diberikan oleh pihak travel agar lebih mudah untuk mendapatkan approval.

Here’s the list:

Formulir Pengajuan Visa
Passport dengan masa berlaku minimal 8 bulan
Pasfoto terbaru ukuran 4,5 x 4,5 cm dengan latar putih
Fotokopi KTP
Surat keterangan kerja dari kantor dibuat dalam Bahasa Inggris dan diberi stempel perusahaan
Bukti pemesanan tiket PP ke dan dari Jepang
Itinerary selama di Jepang + bukti reservasi hotel selama disana
Fotokopi bukti keuangan berupa Rekening Koran 3 bulan terakhir/buku tabungan asli + tabungan deposito kalo ada. Jumlah minimal @ Rp. 50 juta/ pemohon (Tidak ada syarat nominal dari kedutaan Jepang. Nilai 50 juta ini adalah semata-mata syarat dari travel agent saya)

That’s all!

Untuk passfoto, bagi warga Jakarta bisa ke studio foto di daerah Sabang. Disitu mbak dan mamas nya sudah hapal sama kiriteria foto untuk bikin visa. Tinggal bilang saja mau bikin visa Jepang, tanpa ba bi bu langsung disuruh masuk untuk foto tanpa harus dijelasin lagi.

Setelah menunggu selama kurang lebih 30 menit, ini lah hasilnya…..

Meyli Monica
sebut saja Mawar

Ke-ribet-an berikutnya adalah bikin itinerary. Berikut contoh itinerary yang saya buat saat apply visa ke Jepang.

Itinerary-jepang
Contoh itinerary saya

Separuh dari itinerary yang saya buat diatas adalah ngarang! Yess, karena pada saat itu itinerary saya yang sesungguhnya belum selesai dibuat. Maklum, namanya juga greedy zombie. Segala-gala mau dikunjungin. Jadi galau milih-milih tempatnya :p

Karena diwajibkan untuk menyertakan bukti reservasi tempat menginap, saya yang takut-visa-tidak-lolos-dan-akibatnya-duit-hangus-semua ini pun mencari alternatif booking hotel tanpa fee yang bisa dibatalkan kapan saja. Saya kemudian menemukan situs Booking.com yang ternyata bisa memuaskan gairah saya akan reservasi gratisan.

Reservasi hotel pada situs ini tidak perlu membayar sepeserpun! Bayarnya nanti di hotel/hostelnya langsung. Caranya, carilah hotel/hostel yang ada keterangan FREE cancellation – PAY LATER seperti ini:

Tinggal pilih manapun yang diinginkan
Tinggal pilih manapun yang diinginkan

Lalu lakukan booking seperti biasa. Tadaaaa~. Udah. Selesai. Gitu doang. Gampang kan? Tinggal di print bukti reservasinya, terus dilampirin deh tuh di dokumen itinerary. Kalau visanya sudah di-approve, tinggal di cancel-in aja semua reservasi yang tidak diinginkan :D.

Apabila dokumen yang dikirimkan lengkap dan sesuai, Insya Allah pasti dapat. Good luck!

Leave a Reply